Referensi pihak ketiga: www.pixabay.com
Liburan tahun baru ini kampung kami diguyur hujan lebat. Dari hari sabtu (30/12/2017) siang hingga ahad (31/12/2017) malam hujan masih setia menyapa bumi. Dua hari ini hujan turun tiada henti. Rintik kecil, sedang, hingga hujan deras silih berganti menghiasi hari. Akibatnya, liburan kali ini tidak bisa ke mana-mana. Bahkan sekitar melangkah ke halaman rumah pun terhalang karena hujan yang setia membasahi bumi. Yah jadinya begini deh!
Banyak agenda liburan yang gagal total. Padahal sebelum liburan sudah mengagendakan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata lokal. Tapi apa daya, hujan deras menyapa bumi. Rencana jalan-jalan pun GATOT alias gagal total.
Ya sudahlah, nikmati saja liburan tahun baru di rumah bersama keluarga.
2.       Tidak ada pesta kembang api dan suara terompet memekakkan telinga
Referensi pihak ketiga: www.pixabay.com
Kembang api dan tiupan terompet sudah menjadi ciri khas perayaan tahun baru masehi. Langit malam di tahun baru dihiasi oleh warna warni percikan kembang api. Diselingi suara terompet bersahut-sahutan dari berbagai sudut. Begitulah suasana yang jamak di setiap perayaan tahun baru. Tidak peduli di kota ataupun di desa. Semua sudah menjadi tradisi di mana-mana.
Tapi nuansa itu jadi berbeda tahun ini. Tidak ada pesta kembang api dan tidak ada juga tiupan terompet yang memekakkan telinga.
Sedihkah?
Ya tidaklah, tetap bahagia menyambut tahun baru. Karena itu berarti akan kembali terbentang lembaran baru untuk merajut asa di bilangan tahun berikutnya. Kembang api dan terompet hanyalah tradisi tahunan yang bisa diganti jika kita mau. Bahkan rinai hujan pun terdengar indah di telinga di malam tahun baru ini.
3.       Nyanyian hujan hiburan gratis akhir tahun
Referensi pihak ketiga: www.pixabay.com
Tidak ada kembang api, tidak ada juga tiupan terompet. Tapi akhir tahun kali ini tetap istimewa. Ada nyanyian hujan yang mengiringi cerita dan canda mesra bersama keluarga. Tetap bersyukur dengan situasi yang ada, karena hujan akhir tahun adalah berkah dari-Nya.
4.       Lebih banyak cerita bersama keluarga
Referensi pihak ketiga: www.pixabay.com
Tidak perlu sedih jika malam tahun baru di rumah saja. Memang tidak ada kembang api dan tiupan terompet. Tapi di rumah ada keluarga tercinta. Orang-orang yang sangat berarti dalam hidup kita. Malam tahun baru yang dingin ini merupakan golden time bagi kita untuk merajut asa dan cinta bersama keluarga. Inilah kesempatan terbaik untuk lebih banyak berbagi cerita, lebih banyak berbagi canda, dan lebih banyak waktu untuk berbagi mimpi-mimpi masa depan. Ada baiknya juga malam tahun baru ini dijadikan sebagai momen muhasabah dan merancang target-target rumah tangga ke depan. Sehingga, di tahun baru kita bisa melangkah dengan gagah menyongsong masa depan yang lebih baik bersama keluarga tercinta.
5.       Toples camilan bersih tidak bersisa
Referensi pihak ketiga: www.pixabay.com
Kumpul bersama keluarga tentunya belum lengkap tanpa ditemani camilan. Apalagi di suasana hujan yang dingin. Makanan kecil dan minuman hangat menjadi teman ngobrol yang asyik. Bisa dipastikan toples camilan bersih tanpa sisa di malam tahun baru ini.
6.       Lebih khusyuk menyusun resolusi tahun baru
Referensi pihak ketiga: www.pixabay.com
Di bawah guyuran hujan membuat malam tahun baru kali ini lebih syahdu. Jauh dari hingar bingar seperti biasanya. Ini adalah momen yang sangat baik bagi kita untuk bermuhasabah. Melihat lagi ke belakang perjalanan hidup satu tahun yang sudah kita lewati. Apa saja pencapaian-pencapain terbaik yang sudah diraih, target-target mana yang masih jalan di tempat, impian-impian mana yang gagal total, segera evaluasi. Temukan titik permasalahannya kemudian segera susun resolusi untuk ke depannya.
Suasana yang sunyi membuat kita lebih mudah untuk konsentrasi menyusun resolusi. Ditambah lagi hujan lebat yang mengiringi. Yakinlah hujan kali ini adalah rahmat. Segera bawa list resolusi yang sudah disusun dalam doa-doa panjang akhir tahun kita. Karena saat hujan adalah waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa. Semoga Allah memudahkan kita untuk mengeksekusi satu demi satu resolusi yang sudah dicanangkan tersebut di tahun depan.