Kemajuan teknologi telah memberikan banyak kemudahan bagi kita. Sekarang semakin banyak aktivitas keseharian kita yang bisa diselesaikan dalam satu klik ujung jari saja. Kemudahan ini sangat terasa sekali dalam urusan belanja. Hanya dalam sentuhan jari saja kita bisa membeli berbagai kebutuhan pribadi dan keluarga dari berbagai sudut bumi ini.
Tidak dipungkiri lagi bahwa belanja online sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern dewasa ini. Seiring dengan semakin berkembangnya industri e-commerce dewasa ini. Dan ditunjang oleh kemudahan akses jaringan telekomunikasi yang semakin maju. Sekarang kita mau belanja apa saja sudah bisa dilakukan secara online.
Tidak hanya baju dan kosmetik saja yang bisa dibeli secara online. Furniture pun saat ini sudah dijual belikan secara online. Tidak percaya? Coba deh buka kategori perabot rumah tangga di beberapa marketplace online yang ada. Kamu pasti menemukan beragam produk furniture yang diperjual belikan secara online.
Membeli furniture secara online, mungkin bagi kebanyakan orang harus berpikir bolak balik dulu. Mengingat harganya yang mahal, bobotnya yang berat, dan ada keraguan akan kesesuaian ekspektasi kualitas produk dan kenyataannya. Jadi wajar jika masih banyak calon konsumen yang berpikir berulang kali sebelum memutuskan untuk membeli furniture secara online
Potensi Keuntungan Membeli Furniture Secara Online
Referensi pihak ketiga: www.pixabay.com
Sebelum memutuskan membeli furniture secara online, ada baiknya kita menakar potensi untung ruginya terlebih dahulu. Membeli furniture secara online memiliki beberapa potensi keuntungan, diantaranya yaitu:
1. Hemat waktu, karena kita tidak perlu menempuh perjalanan yang jauh untuk datang langsung ke toko yang menjual furnitur tersebut. Cukup mengunjungi toko online furniture melalui gadget kita. Pilih jenis dan spesifikasi produk yang diinginkan dan klik order. Maka pesanan produk furniture kita sudah tercatat di sistem toko online yang dituju. Tinggal ikuti instruksi pembayaran yang ditawarkan toko dan tunggu barang sampai ke rumah kita.
2. Bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja, karena toko online sekarang berada dalam genggaman (gadget) kita
3. Memungkinkan untuk memilih furniture dari berbagai toko online yang tersedia dengan cepat. Berpindah dari satu toko online ke toko online lainnya bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik. Kita hanya perlu menggerakkan jari dari satu laman situs toko online ke situs toko online lain.
4. Memungkinkan untuk membandingkan dan memilih harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Jendela gadget memberi kita kemudahan untuk melihat perbedaan harga produk antara satu toko online dengan toko online lainnya.
Potensi Kerugian Membeli Furniture Secara Online
Referensi pihak ketiga: www.pixabay.com
Disamping memiliki beberapa potensi keuntungan, membeli furniture secara online juga memiliki potensi kerugian, diantaranya yaitu:
1. Barang tidak dikirim atau telat dikirim oleh toko. Sementara kita sudah membayar penuh ataupun sebagian. Ketika dihubungi pihak penjual tidak merespon atau bahkan tidak bisa dihubungi. Kasus seperti ini sangat mungkin sekali terjadi.
2. Barang yang datang tidak sesuai pesananan. Kasus seperti ini sangat sering terjadi ketika membeli produk secara online. Misalnya kualitas, bentuk, warna, ataupun model produk yang agak berbeda atau berbeda sama sekali dengan ekspektasi kita saat memesannya. Perbedaan ini mungkin terjadi karena si penjual menampilkan foto yang diambil dari internet bukan foto produk yang sebenarnya. Selain itu bisa juga karena teknik mengambil gambar atau editing gambar yang tidak natural sehingga foto yang dihasilkan berbeda jauh dengan tampilan produk yang sebenarnya.
Pada dasarnya segala kemungkinan bisa saja terjadi dalam transaksi online, terlebih dalam proses transaksi jual beli produk furniture ini. Namun hal tersebut sebaiknya tidak menghalangi gerak kita untuk mendapatkan produk yang kita inginkan. Jika memilih proses transaksi online, pilihlah toko online terpercaya. Teliti spesifikasi produk sebelum membeli, jangan hanya terpaku pada foto yang ditampilkan. Namun, jika masih ragu bertransaksi online, sebaiknya tinggalkan. Pilih jalur konvensional saja.
Sumber:
http://properti.liputan6.com/read/2873908/tips-belanja-furniture-online-yang-aman
http://www.teakpalace.com/cara-aman-membeli-mebel-secara-online/
https://www.themebel.co.id/www.themebel.co.id/blog/tips-belanja-furniture-online-yang-aman/