Referensi pihak ketiga: canva.com
1. Berhentilah mencari-cari alasan
“Orang gagal mencari-cari alasan untuk berhenti. Sedangkan orang sukses berhenti mencari-cari alasan.” (Isa Alamsyah).
Diakui atau tidak, hambatan terbesar manusia dalam meraih sukses adalah dirinya sendiri. Senjata terampuh yang kita gunakan untuk melegalkan semua bentuk kegagalan itu adalah alasan. Alasan demi alasan dengan mudah kita ciptakan untuk membenarkan kegagalan kita. Inilah yang membuat kita kemudian merasa nyaman dan akhirnya menyerah pada kegagalan tersebut.
Jika kamu memilih untuk bangkit, berhentilah mencari alasan. Berhentilah membenamkan diri dalam kenyamanan alasan-alasan tersebut. Sebaliknya, abaikan semua alasan tersebut. Segeralah bangkit untuk menakhlukkan kegagalan. Percayalah kesuksesan sudah menanti di puncak.
2. Senantiasa berpikir positif
Kita adalah apa yang kita pikirkan. Ketika kita berpikir tidak mampu, maka akan sulit bagi kita untuk meraih apa yang diinginkan. Sebaliknya ketika kita berpikir mampu, maka semangat untuk bangkit itu akan tumbuh. Satu demi satu jalan menuju kesuksesan juga akan dibukakan. Sehingga peluang untuk meraih apa yang diimpikan akan lebih besar.
3. Jadikan kegagalan sebagai pelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik
Kegagalan pada dasarnya adalah anugerah. Di sana ada banyak pelajaran penting untuk membimbing kita menjadi pribadi yang lebih baik. Sebab itu, berdamailah dengan kegagalan. Pelajari, mengapa kegagalan bisa terjadi dalam langkah kita? Kemudian temukan solusi terbaik untuk segera keluar dari kubangan kegagalan tersebut dan segeralah bangkit.
4. Miliki sahabat yang selalu mendukung
Sahabat sejati tidak akan pernah meninggalkan kita saat kita jatuh. Uluran tangan dan senyum manis mereka akan menguatkan kita untuk segera bangkit. Sahabat adalah energi yang membuat kita merasa berarti di saat-saat terpuruk sekalipun.
5. Banyak-banyaklah membaca kisah-kisah orang sukses
Kisah orang-orang sukses tidak pernah sepi dari kegagalan demi kegagalan. Terkadang kita hanya melihat sosok mereka saat sukses. Kita lupa bahwa perjalanan mereka menuju titik sukses dihiasi dengan berbagai halang dan rintangan yang membuat mereka terkadang jatuh sejatuh-jatuhnya. Tapi yang membedakan orang sukses dan gagal adalah kesiapan dan kemauan mereka untuk bangkit.
Membaca kisah perjalanan hidup mereka membuat kita sadar bahwa kegagalan bukanlah musibah yang bisa menghancurkan impian kita. Sebaliknya, kegagalan adalah salah satu ujian yang harus dihadapi dengan tegar. Kegagalan adalah teman perjalanan seorang pejuang. Ia terkadang hadir memberikan warna agar kita lebih bersungguh-sungguh mengejar impian.